Saturday, January 29, 2011

The Magic of Comic


-->
"Selama kemungkinannya belum 0%, masih terlalu cepat untuk membuang harapan untuk menang” 
– yoichi hiruma.

Yoichi hiruma. Dia bukan seorang filsuf, bukan juga seorang motivator hebat. Bukan seorang pengusaha sukses, atau atlet profesional pemenang olimpiade. Dia hanya seorang karakter yang bahkan tidak nyata. Yap! Youichi Hiruma adalah seorang kapten tim american footbal dari komik karangan Yusuke Murata dan Riichiro Nagaki yang berjudul Eyeshield 21.

Yoichi Hiruma

Dia tidak nyata, tapi kata-katanya bisa begitu hebat dalam membangun harapan. Itulah salah satu keajaiban dari dunia komik. Saat cerita fiktif itu, bisa membuat kita terpikir, “ohh, iyaa juga yaa”. Atau saat cerita fiktif itu menyentuh hati kita, dan membuat kita berkata. “saya juga pasti bisa seperti mereka”.
Sebagian fantasi dan ketidak nyataan yang diceritakan dalam komik, sebenarnya sangat mungkin diterapkan dalam kenyataan sehari-hari. Setiap optimisme, rasa kesetia kawanan, kerjasama, dan kekuatan mimpi yang nantinya berbuah baik dalam kehidupan, Itu semua sangatlah real. Sangat mungkin untuk diterapkan.
Komik bukan hanya sekedar bahan bacaan yang menghibur. Banyak hal yang bisa dipelajari darinya. Entah dari jalan ceritanya, atau dari karakter yang ada di dalamnya. Contohnya saja, Kita bisa belajar dari kegigihan Kazamatsuri Sho di Whistle yang selalu berlatih keras untuk menjadi pemain sepak bola handal. Dari Naruto yang selalu teguh untuk memenuhi janjinya. Dari Ruffi di one piece yang sangat setia kawan. Atau dari teman-teman Deimon Devil Bats di eyeshield 21 yang gak kenal menyerah dalam mengejar mimpi mereka untuk main di Christmast Bowl.  Dan bahkan, hanya dari Yotsuba si anak kecil yang selalu bisa bahagia dengan hal-hal sederhana.

Mr.Sceptic
Optimisme, itu yang terpenting. Memandang skeptis sesuatu dan menyerah sebelum berusaha karena menganggapnya tidak mungkin bukan sesuatu yang baik. Memang banyak hal dari komik yang sepertinya tidak mungkin atau jelas-jelas tidak mungkin. Tapi lihat sisi baiknya, banyak pesan dan hal baik dan jelas-jelas mungkin dari komik. Seperti kisah Kazamatsuri Sho dan Deimon Devil Bats yang selalu berusaha keras, hingga akhirnya berhasil meraih mimpinya.
Kenyataan hidup ini memang terlalu keras. Kerasnya kenyaataan seringkali membuat kita kehilangan optimisme dan keberanian untuk bermimpi. Untuk itulah kita harus sesekali melihat dunia fantasi. Untuk membangkitkan kembali optimisme dan keberanian untuk bermimpi itu. Dan salah satu cara tersederhana dan terdekat untuk itu, adalah dengan membaca komik. Tapi ingat, Jangan sampai tenggelam di dalamnya.
Saya ingat dulu waktu saya membaca buku terakhir dari komik slam dunk, saya sampai hampir menangis karena begitu tersentuh dengan kemenangan tim shohoku atas sannoh, dan betapa terkesannya saya dengan permainan hanamichi sakuragi di pertandingan itu. Lalu saya berkata dalam hati, suatu saat saya harus bisa merasakan kemenangan seperti itu. Saya harus bisa seperti Hanamichi Sakuragi yang akhirnya bisa diakui meskipun di awal dia begitu bodohnya hingga harus selalu dikeluarkan dari pertandingan.
Hiruma Youichi, Hanamichi Sakuragi, Sho Kazamatsuri, adalah karakter-karakter komik favorit saya. Mereka adalah karakter-karakter pekerja keras, yang membuat mimpinya yang awalnya seperti tidak mungkin, menjadi mungkin untuk dicapai. 

My favorite comics
Satu hal yang paling menginspirasi saya dari dunia komik adalah bagaimana mereka bisa begitu berani bermimpi. Lalu berbekal kekuatan mimpi itu, mereka berjibaku, bekerja keras untuk menggapainya.  Dan itu membuat saya berani bermimpi untuk menjadi seorang Artworker. Saya ingin menjadi seorang pekerja seni yang bisa mempengaruhi dunia dengan karya-karya saya. Saya ingin menyampaikan pesan-pesan pada dunia melalui karya-karya saya.
Yes! I want to have a career as an artwotker. Cause in art i can send messages, so i can influence the world ! Hahaha!

4 comments:

  1. Benar sekali mas,, Comik maupun filmnya memberikan banyak inspirasi tentang semangat, keyakinan untuk terus berjuang.

    awalnya saya lebih suka menonton filmnya, tetapi setelah membaca tulisan ini. Saya kira Komic layak di baca.

    Ikut Lomba y?

    ReplyDelete
  2. terimakasih mas.
    komik memang sangat layak dibaca. silahkan buktikan sendiri dengan membaca judul-judul yang saya sebutkan disini.

    yaa!

    ReplyDelete
  3. punya wistle ya???
    pinjem dong kak...

    semoga menang lombanya..
    baca punya saya juga; ^^

    http://tukangsotoy.wordpress.com/2011/02/02/antara-kita-dan-orangtua/

    ReplyDelete
  4. di jakarta. males bawa-bawanya.

    okay thx.
    aminn lah.

    ReplyDelete