Sunday, July 18, 2010

Balada Melayu


Dari mulai sekitar jam 8 pagi sampai sekitar jam 10, hampir setiap hari di tv, kita bisa liat betapa band-band sekarang tuh hampir semuanya seragam. Semua setuju untuk ngebawain lagu dengan tema cinta yang kemudian dilirikkan secara hiperbolis ! Terus dinyanyiin secara mendayu-dayu, cengeng, dengan suara yang ditahan kaya lagi ngeden. Saya senang menyebutnya dengan “Lagu cinta mendayu-dayu nan cengeng dan hiperbolis (lacimenancehi)”.
Parahnya lagi, kebanyakan dari mereka tuh entah lip-sync atau entah gimana, tapi yang jelas, yang saya liat di tv, mereka ga bener-bener ngasih Live Performance. Dan anehnya.. entah bangga atau mau nyindir acaranya, sebagian dari mereka terang-terangan nunjukin kalo mereka lagi ga main live. Mereka malah “melucu” dengan alat musik yang mereka pegang.
Saya prihatin, adik saya sekarang udah ikut-ikutan nyanyi kaya gitu padahal baru 4 tahun. Dulu waktu saya seumur dia, saya masih nyanyiin lagu anak-anak karya Pa dan Bu Kasur, Pa AT Mahmud atau yang lainnya, yang secara tema emang cocok buat anak seumuran itu. Tapi sekarang adik saya nyanyiin lagu putus cinta, selingkuh, atau mengejar gadis impian. Haah!! Temen cewenya aja baru satu, udah nyanyiin lagu kaya gitu. Masa sih itu si temen satu-satunya itu yang mutusin dia terus selingkuhin dia dan tetep dia kejar – kejar juga ? Saya ingat, waktu kecil saya pernah dengar kata-kata, “kencing aja belum lurus, udah cinta-cintaan!” Saya takut, nanti adik saya dan temennya, atau bahkan semua anak Indonesia harus “dewasa” sebelum waktunya, atau yang lebih parah, bermental cengeng karena setiap hari disuguhin lagu kaya gitu.
Yaa.. emang sih masih ada band-band atau penyanyi yang bertahan sama idealismenya, atau paling ga mertahanin kuliatas musiknya. Tapi.. sayangnya mereka ga seterekspos band-band cinta mendayu hiperbolis nan cengeng itu. Paling ga, ga di tv, yang dikonsumsi hampir semua orang dari semua umur setiap hari. Mereka lebih aktif di dunia indie, dunia yang sayangnya, ga semua orang denger, dan ga sebanyak dunia musik major orang-orang yang concern padanya. Kaya yang udah pernah saya bahas, banyak dari band indie yang berhasil go internasional, dan berprestasi disana (baca: Tentang Dunia Seni Kita).
Sebenernya sih, ga masalah kalo mau nyanyiin lagu cinta. Tapi.. yaa gausah terlalu dihiperbolis juga. Dan jangan jadi semua terus nyanyiin lagu dengan tema yang sama, musik yang mirip-mirip, yah.. pokonya hampir seragam deh.Terus yang terpenting, MUSIKALITAS IDEALITAS IDENTITAS DAN KREATIFITAS harus tetap dijaga! Biar lagunya juga jadi berKUALITAS dan ga sekedar jadi alat KOMERSIALITAS semata. Karena seni itu seharusnya lebih ke bentuk ekspresi, bukan barang dagangan.
Jadi, sebenarnya siapa yang salah? Kalo menurut saya, ini tentunya kesalahan kolektif. Dari mulai kita sebagai pendengar, tv/radio/pengamen yang setiap hari nyuguhin, band yang nyanyiin, sampe produser yang ngepublikasiin. Solusinya?? Karena kita ada dititik terawal kesalahan, maka kitalah yang bisa ngerubah kondisi ini.
Caranya??? Sederhana aja sih, mulailah untuk lebih selektif dalam mendengarkan musik. Dengarkanlah musik hanya yang ber-KUALITAS ! dan dari musisi-musisi yang ber-MUSIKALITAS tinggi, punya IDEALITAS, IDENTITAS, dan KREATIFITAS yang juga tinggi ! kalo kita udah mulai berhenti dengerin lagu yang ga ber-KUALITAS, maka tv juga jadi males nayanginnya, karena pengen terus didengar, bandnya akan tersadar, dan berusaha untuk bikin lagu yang ber-KUALITAS dengan sentuhan IDEALITAS IDENTITAS dan KREATIFITAS mereka. Terus, karena band dan lagu mereka juga udah jadi beres, maka produser akan ngepublish yang memenuhi syarat-syarat tersebut biar bisa tetap berjaya. Yahh.. Pada akhirnya, saya hanya bisa berpesan, JADILAH PENDENGAR CERDAS !! Hahaha!

No comments:

Post a Comment