Friday, July 9, 2010

Tentang Dunia Seni Kita

Halo..! ini tulisan pertama yang berisi pemikiran saya. Sebagai tulisan yang pertamax, saya sebagai pecinta seni mau berbagi pemikiran saya tentang dunia seni dalam negeri kita. Sebelumnya, saya mau ungkapin betapa saya sebagai pecinta seni, merasa prihatin dan kecewa karena banyak dari seni nusantara yang diakuin sama negara lain. Buat ngingetin temen-temen aja, ada Tari Pendet, lagu Rasa Sayange, Batik, Gambang Kromong, dan banyak lagi. Selain karena emang merekanya yang secara brengsek ngaku-ngakuin, kita juga salah karena ga peduliin seni-seni itu. Kita terlalu terbuai sama apa yang disuguhin di depan kita setiap hari. Sampe lupa sama yang ga terkespos, dan baru inget lagi pas udah diakuin sama negara lain. Yahh, Bukan ngeratapin apa yang udah lewat yang kita perlu lakuin, tapi lebih ke gimana caranya biar ga da lagi yang diaku-akuin. Gimana caranya?? Mulailah peduli sama seni lokal.

Nahh, karena seni itu begitu luas, maka di sini saya akan membahasnya dengan dunia musik dan film sebagai menu utamanya. Kenapa?? Karena itulah yang mungkin paling dekat dengan dari kita. Gimana enggak, setiap hari hampir pasti kita ngedengerin musik, baik itu di tv, di handphone, radio, ipod, atau bahkan di angkot, dari mereka yang sering disebut musisi jalanan. Terus kalo film, yahh biarpun ga pernah nonton, paling ga kita bisa liat trailernya suka numpang lewat di tv, atau baliho – balihonya yang terpajang gede-gede di jalan-jalan. Betul tidak ?? (aa gym style)

Oke, sekarang saya mulai masuk ke intinya.

Saya pribadi ga bisa bilang kalo dunia seni negara kita ini lagi berkembang atau lagi depresif. Kalo diliat secara jumlah, baik musik atau film keduanya emang lagi onfire banget. Hampir setiap hari kalo saya lagi kebetulan nonton tv, pasti ada aja band-band atau penyanyi baru yang numpang eksis di tv. Dengan gaya yang bermacam – macam, dari yang ala rocker serba item item, atau rambut yang warna-warni, perlente, sampe yang kaya bangsawan-bangsawan klasik dengan renda-renda juga ada. Tapi..... musik yang dinyanyiin yaa.. hampir semuanya seragam lagu cinta mendayu-dayu !! Terus kalo film, hmm.. kondisinya bisa dibilang sedikit lebih baik dari musik. Karena film-film yang keluar, paling ga temanya ga seragam. Yaa kalo dipikir – pikir, ga mungkin juga sih tiba – tiba film yang keluar semuanya bergaya cinta mendayu-dayu. Tapi, sayangnya.. dari sekian banyak film yang keluar tersebut, didominasi sama film horor kelas (maaf) “ecek ecek” yang diliat dari judlnya aja udah ga smart dan komedi semiporn yang juga ga smart scera judul dan apalagi, jalan cerita film itu sendiri! Jadi kalo bisa diambil kesimpulan , kita emang benar-benar berkembang secara kuantitas, tapi kalo secara kualitas.. maaf saya harus bilang kita benar-benar terpuruk.



Sebenernya sih., kalo kita mau ngeliat sedikit ke arah yang berbeda dan memalingkan mata dan telinga kita, ke arah dunia indie, kita akan bisa sedikit berbangga dan berbesar hati. Paling ga, kita bisa refresh dari dunia major yang gitu-gitu aja.

Dunia indie lokal, musik terutama. Banyak prestasi yang membanggakan. Banyak dari band-band indie lokal yang bisa ngebawa nama negara ke dunia internasional dan kemudian berprestasi. Kalo boleh kasih contoh, ada the siggit, sore, dan mocca, yang ketiganya udah melanglang buana di panggung internasional. Nahh, kalo aja band-band kaya gini yang setiap hari menghiasi tv dan dinyanyiin sama pengamen jalanan kita. Saya optimis, kualitas dunia musik kita kan jauh jauh jauh jauh juah lebih baik dari sekarang! Sayangnya... yang berkualitas kaya gini, kurang dilirik sama produser major, entah karena mereka udah terlalu jatuh cinta sama band-band cinta mendayu-dayu nan cengeng dan hiperbolis atau.. sekedar berpikir komersil mengikuti selera pasar, yang ga lain adalah KITA (sebenernya sih saya ga) para muda-mudi, atau secara umum, masyrakat Indonesia.

Itu baru musik, kalo untuk film.. saya emang kurang banyak tau. Tapi dari beberapa yang udah saya tonton, saya ngerasa satu opitimisme yang sama dengan dunia musik. Satu hal yang saya tau pasti, mereka yang ada di dunia indie seharusnya mertahanin idealismenya. Dan dengan budget sekecil apapun, mereka bisa buat film yang bagus. Paling ga secara jalan cerita dan pesan moral.

Yahh.. pada akhirnya, ini hanya buah pemikiran saya. Ga ada maksud buat ngejelekin pihak manapun. Saya hanya ingin berbagi. Dengan harapan, semua yang udah ngebaca tulisan ini, bisa sedikit terprovokasi untuk lebih peduli sama perkembangan dunia seni lokal. Mungkin dengan cara-cara sederhana kaya, lebih concern sama dunia indie, coba dengerin band-band indie , atau nonton film indie lokal. Saya yakin anda tidak akan kecewa. Yahh, daripada terus mendengar lagu cengeng yang seragam dan gitu-gitu saja. Terus, jangan dengerin mp3 bajakan. Masa tega sih kalian dengerin karya-karya orang dengan harga 5 ribu rupiah untuk ratusan lagu. Dan yang paling sederhana, sebarkan pesan untuk lebih peduli sama dunia seni kita. Biar dunia seni Indonesia bisa berkembang, dan JANGAN ADA LAGI SENI NUSANTARA YANG DIAKU AKUI !! Kalo bukan kita yang peduli terus siapa ?? Ga mungkin kan si negara tetangga kita yang suka ngaku-ngaku itu? Hahaha!

*Berhubung udah kepanjangan, dan khawatir mata-mata anda-anda sekalian jadi kecapean luar biasa ngebacanya, maka bahasan tentang musik, film, dan seni kita yang diaku-akuin akan dibahas lebih lanjut di postingan berikutnya. Keep ur mind open for this blog for after and after. Hahaha!

3 comments:

  1. mungkin dengan acara tv yg dipnuhi dengan band yang kurang berkualitas itu saya jadi lebih melirik lagu luar :(

    ReplyDelete
  2. mungkin sebaiknya anda melihat dulu ke dunia indie, saya yakin itu tidak kalah baik dengan musik mancanegara.

    ReplyDelete