Tuesday, November 30, 2010

Can I Have A Break ?


" Me : Maam, Can i have a break ? "
" Maam : Are you Kidding me ? "



December 2010 seems to be the anARCHiest month I’ll ever had. I’ll have my hands, my eyes, my mind, body and soul, for things called assignments. Yes, anARCHy assignments.

Beberapa minggu terakhir, saya selalu miris melihat wajah teman-teman saya. Wajah-wajah bermata panda, berkantung mata di kantung mata, wajah-wajah dengan aroma cat air, pensil warana dan kerrtas gambar, yang sebulan kedepan akan ditambah dengan aroma kalkir dan tinta rapido. Wajah-wajah yang seakan selalu berkata, “can I have a break ?” .

Yap! sudah beberapa bulan terkahir ini, kehidupan kami (mahasiswa arsitektur gadjahmada 2009) seperti sedang diterpa oleh badai. Bukan hujan air, tapi tugas. From one to another, those things called assignments just keep coming and waitng to be done. Resiko mahasiswa arsitektur memang., tapi…..







Bentuk Teman-Teman Saya di Masa-Masa Deadline




Dan Desember , ada apa dengan desember? Desember adalah puncak dari segala kesibukan kami di semester ini. Sejauh ini sudah ada 3 daftar tugas besar yang menanti,  Membuat desain Waterfornt Recreation Park, A building with a complete Lighting Design, dan tentu saja, menu utama kami, gambar kerja bangunan 3 lantai yang setiap millimeter garisnya harus bisa dipertanggung jawabkan. 3 itu sajakah? Saya rasa tidak, kami masih punya 4 mata kuliah lagi yang tugas besarnya masih rahasia. I guess there will be no more Sunday in December.

Banyak. Tugas kami banyak. Tapi bukan sekedar berbagi daftar tugas yang sebenarnya akan saya tulisakan di postingan ini. Melainkan cara menghadapinya tanpa harus merasa stress, dan stress.

First, Just do it !! Think Less Do Enough. Tugas ga kan selesasi kalu cuma dipikirn. Jadi gausah dipikirin,. Dikerjain aja! Sebenarnya tuh sesederahana itu. Kalo kita tuh terlalu sibuk mikirn tugaas, nanti  akhirnya malah stress dan sakit sebelum bisa ngerjain tugas itu. Kerjain, dan jangan cuma jadi Wacana.

Second, Don’t make any excuse to not doing the tasks. Ada sejuta alasan buat ga ngerjain tugas-tugas kita. Kaya misalnya, “gw juga manusia kali, butuh istirahat” terus tidur. Dari jam 10 sampe jam 8 pagi. Atau, “aduh gs ada ide!” . Kerjain aja,. Buat sketsa. Jelek? Perbaikin. Masih jelek? perbaikin lagi, terus terus mensketsa sampai bener-bener puas sama hasilnya. Jangan tunggu ide datang. Tapi kerjain dan buat ide itu datang. Teori memang. Tapia apa salahnya menikuti teori. Toh teori juga ada karena sebelumnya ada yang berhasil mempraktekannya.     

Third, Control your daily needs. Okelah saya tau tugas kita banyak, tapi jangan jadi kaya workaholic terus lupa makan tidur, dan mungkin beribdah. Tuhan kasih kita 24 jam. Pake 6 jam buat itdur. Curi-curi waktu kuliah buat tambahan kalo kurang. 2 jam buat makan 3 kali dan beribadah 5 kali. Pokonya gimana caranya biar makan kita selesai setngah jam plus beli-beli kalo harus keluar. Dan ibadah 5 menit per sekali ibadah. Berdoa sama Tuhan biar kita sikasih kekuatna, kesehatan, kemampuan, kesabaran, kesadaran, dan daya tahan untuk tidak tidur lama-lama, dan tugas kita bisa beres secara maksimal.masih ada 16 jam. Mau ngapain? Mandi? Setengah jam cukup kali yaa. Main sih yang penting, 1 setengah jam lah boleh. Masih ada 15 jam. Dipotong kuliah kira-kira 5 jam. 10 ja ? cukup kan buat tugas? Kalo kurang, curi-curi waktu kuliah aja. toh kita punya kuliah bebas mau ngapain dikelasnya dan dating jam berapa juga.

And last but not least, feel free to play or doing things you like to release some stress you’ve had. Jangan bilang ga ada waktu buat main tau have fun sedikit. Pinter-pinter aja cari dan curi waktunya. Pasti ada. Don’t care how much pain you’ve had if you do things you like, you’ll have some refreshment for your mind and body. Apalagi kalo ngelakuinnya sama someone you love. Hahaha!

Enjoy your day enjoy your tasks, Have some chocolates or tea, Make some smiles, do lots laugh, share, do social life, dance, sing, or simply just daydreaming. Do whatever to kill the pain. Just don’t forget to do your tasks. We’re not alone facing all of these. There’re 95 people like us. Be smart, be ready, Be Architect !! Hahaha!     

7 comments:

  1. dan apa maksud dari kata tergugah? apakah itu positif atau negatif?

    ReplyDelete
  2. think less do more. daydreaming. okay.
    There’re 95 people like us. Be smart, be ready, Be Architect !! Hahaha!

    aah, hendro, aku suka postinganmu yg ini.. :))

    ReplyDelete
  3. ahahaha! saya senang ada yang senang sama postingan saya!
    terimkasih banyak iffaaa.. '-'d

    ReplyDelete
  4. yah, tulisanmu muncul di saat saya memang berada di tempat yang sama denganmu, dan saya menemukan kembali sesuatu yang menggerakan saya di jalan ini

    ReplyDelete
  5. ohh. kalo begitu saya senang jika memang tulisan saya berguna bagi anda.terimaksih telah berkunjung ke blog saya. '-'d

    ReplyDelete
  6. adoh, kenapa formal banget. aku si bocah mas, hahahaha, di link ya punyaku

    ReplyDelete